Saturday, May 21, 2016

The Bio Bus, Bis Bertenaga Kotoran Manusia

Sumber: uproxx.com

Perusahaan pembuat bis asal Inggris, Bath Bus Company, membuat sebuah bis yang memanfaatkan (maaf) kotoran manusia. Produk terbaru mereka yang diberi nama The Bio Bus, mendapatkan tenaga untuk berjalan dari gas limbah pembusukan biometana kotoran manusia dan sisa-sisa makanan. Hebatnya, bis ini sekarang sudah dioperasikan untuk mengangkut penumpang dari kota Bristol ke Bath, Inggris.

Menggunakan jumlah "bahan bakar" yang setara dengan kotoran 5 orang/tahun, bis ini bisa menempuh jarak sejauh 186 mil dari 1 tangki kotoran. Tentu saja inovasi ini adalah sebuah terobosan baru dalam ide kendaraan ramah lingkungan.

Secara teknis, Bio Bus memakai sebuah mesin mirip diesel untuk menggabungkan gas metan dengan propane, namun bahan bakar dari kotoran manusia yang digunakan bis ini memiliki kadar emisi karbon yang 30% lebih rendah dibanding bahan bakar diesel murni. Jika program ini dirasa berhasil, mungkin term "green movement" bisa saja diganti menjadi "brown movement" di masa akan datang. Siapa tahu kan?

No comments:

Post a Comment