Monday, May 23, 2016

Sports Cars Paling Legendaris dari Tahun 1970an (Bagian II)

Sumber: 1.bp.blogspot.com

Beberapa nama di bawah ini adalah mobil-mobil sports paling legendaris dan paling diingat dari era tahun 1970an. Ini adalah deretan sports cars yang menjadi inspirasi mobil-mobil sports bertahun-tahun sesudahnya.

Ferrari Dino 308 GT4 (1973-1980)
308 GT4 adalah Ferrari yang berbeda dengan Ferrari lainnya. Berbagai modifikasi dan inovasi mesin yang Ferrari lakukan membuat mobil ini bermesin V8 tangguh, meskipun bukan termasuk yang paling cepat. Pada masanya, mobil ini mungkin tak terlalu cemerlang secara penjualan, namun saat ini telah menjadi salah satu produk Ferrari yang paling bernilai tinggi.

BMW M1 (1978-1981)
M1 adalah supercar pertama yang pernah diproduksi BMW. Modelnya yang terinspirasi pengaruh desain mobil-mobil super Italia diambil dari konsep BMW Turbo dari tahun 1972. Tak heran memang, mobil ini memang didesain oleh perancang handal asal Italia, Giugiaro. Hanya pernah diproduksi sebanyak 400 buah, BMW M1 saat ini menjadi barang langka yang mewah dan dihargai tinggi oleh para kolektor.

Triumph TR-7 (1975-1981)
Front-engined dengan empat silinder yang eksotis milik TR-7 adalah daya tarik mobil ini. Meski, ia tak termasuk kumpulan mobil-mobil tercepat pada masanya. Hal yang menyedihkan dari mobil ini adalah, menjadi salah satu produk yang menandai matinya era mobil sports Inggris.

Mazda RX-7 (1979-1985)
Dengan desain futuristik, RX-7 terkenal dengan kenikmatan berkendara yang ditawarkan untuk para pemiliknya. Sebuah hal yang memang terbukti. Dibalik kap mesinnya, tersimpan mesin compact rotary yang inovatif dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 7,000 rpm.

Maserati Khamsin (1975-1982)
Khamsin adalah mobil dengan front-engined V8 grand touring coupe. Ia adalah model pertama yang didesain oleh seniman mobil legendaris, Bertone, menggantikan legenda lainnya, Ghibli. Berkekuatan 320 tenaga kuda, Khamsin bisa berakselerasi hingga lebih dari 150 mil/jam. Karena saat itu Maserati masih dimiliki oleh produsen otomotif asal Perancis, Citroen, banyak komponen-komponen dari Khamsin yang juga dipasangkan pada Citroen SM.

De Tomaso Pantera (1971-1991)
Pantera adalah produk supercar paling sukses dan paling terkenal dari De Tomaso. Tak seperti kebanyakan mobil sports asal Italia lainnya, Pantera didesain oleh seorang Amerika bernama Tom Tjaarda. Kejutan ala Amerika lainnya dari mobil ini adalah, mesin Ford 352-cid Cleveland V8 dibalik kap-nya.

No comments:

Post a Comment