Monday, May 23, 2016

Sports Cars Paling Legendaris dari Tahun 1970an (Bagian I)

Sumber: namasce.pl

Beberapa nama di bawah ini adalah mobil-mobil sports paling legendaris dan paling diingat dari era tahun 1970an. Ini adalah deretan sports cars yang menjadi inspirasi mobil-mobil sports bertahun-tahun sesudahnya.

Lamborghini Countach (1974-1990)
Ini adalah mobil primadona poster ketika kita kanak-kanak. Didesain oleh Marcello Gandini, Countach awalnya dianggap 'alien' saat pertama kali muncul. Bermesin V12 dengan kekuatan 375 tenaga kuda, mobil ini sekarang mempunyai nilai lebih dari 1 juta dollar Amerika ketika dilelang. Sebuah lambang eksotisme tingkat tinggi dan nafsu primitif manusia akan mobil yang abadi.

Lancia Stratos (1974-1976)
Stratos adalah mobil produksi pertama dari produsen otomotif spesialis kompetisi reli ini. Idenya didapat dari polling yang dilakukan manajer Lancia, Cesare Fiorio, kepada seluruh anggota tim-nya. Desainnya sendiri terinspirasi oleh mobil konsep Stratos Zero karya Bertone di tahun 1970. Dengan pembalap legendaris Sandro Munari di belakang kemudi, mobil ini pernah menjuarai kejuaraan reli bergengsi selama 3 tahun berturut.

Lotus Esprit (1976-1987)
Gabungan dari teknologi Inggris dengan kemulusan desain Italia. Esprit adalah hasil buah cipta desainer kenamaan Giorgetto Guigiaro, orang yang juga mendesain BMW M1, sejumlah tipe Maserati dan DeLorean DMC-12. Meski tak istimewa dalam hal kecepatan, Esprit pernah 'memerankan' mobil Bond sebanyak 2 kali, pertama di "The Spy Who Loved Me" (1977) dimana mobil ini juga bisa berubah menjadi sebuah kapal selam kecil. Yang kedua adalah di seri Bond tahun 1981, "For Your Eyes Only".

Fiat/Bertone X1/9 (1974-1989)
Terkenal sebagai mobil yang edgy dan berharga terjangkau, Fiat seri ini (yang kemudian dijual dengan nama Bertone) membuat banyak orang mampu memiliki eksotisme desain Italia buatan Gandini. Ukurannya yang kecil pasti akan membuat semua mata memandang dengan takjub.

Saab Sonett III (1970-1974)
Di tahun 1950an, Saab membuat produk mobil sports yang diberi nama Sonett I. Mobil ini lalu diproduksi massal dengan nama Sonett II pada era 60an. Satu dekade setelahnya, saat manajemen Saab berniat mendongkrak penjualan yang payah namun dengan pengeluaran yang minimum, diutuslah seorang desainer Italia bernama Sergio Coggiola untuk sedikit memodernkan desainnya.

Aston Martin Lagonda (1976-1990)
Pada awal tahun 1970an desainer Aston Martin, William Townes, mengaplikasikan gaya yang mewah untuk sedan ini. Hasilnya, adalah salah satu desain terliar dari sebuah sedan 4 pintu yang pernah dibuat dan diproduksi. Terlihat seperti mobil masa depan, Lagonda mampu melaju hingga 150 mil/jam, hasil dari mesin 280 tenaga kuda 5.3-liter V8. Satu hal yang pasti dari sedan ini adalah, menjadi salah satu mobil yang tak pernah gagal menarik perhatian orang di tahun 70 dan 80an.

No comments:

Post a Comment