Sumber: collectioncar.com
Sepanjang sejarah otomotif, ada beberapa model mobil yang diingat bukan dari nama aslinya, melainkan dari nama alias populernya. Apa saja?
Volkswagen - "Beetle"
Model ini bisa jadi adalah mobil dengan nickname paling populer di dunia. Yang tak banyak orang tahu adalah, saat mobil ini pertama muncul di tahun 1938, ia justru tak mempunyai nama khusus dan hanya dipanggi Volkswagen, bahasa Jerman untuk "Mobil Rakyat". Nama internalnya adalah Volkswagen Type 1 , sementara Volkswagen Bug adalah nama informalnya. Namun, mobil ini dengan cepat populer di Jerman dan mulai dipanggil dengan nama "Kafer" yang berarti "beetle (kumbang)". Panggilan tersebut akhirnya menjadi populer dan bahkan diadopsi oleh banyak negara (kecuali Indonesia, yang menggunakan nama aneh "VW Kodok" untuk mobil ini.)
Ford Escort - "Dog Bone"
Generasi pertama Ford Escort di Eropa yang diproduksi sekitar tahun 1968 sampai 1974 dan sangat populer, terutama di Inggris. Merupakan mobil pilihan pada masanya dan mendapatkan nama panggilan populer dari bagian grille depannya.
Volkswagen T1 - "Bulli/Bully/Kombi"
Hampir sama populernya dengan Beetle, VW Transporter T1 yang legendaris ini muncul pada tahun 1950. T1 sangat populer dan dicintai, serta mendapatkan banyak sekali nama panggilan sayang sepanjang sejarah. Beberapa panggilan yang paling populer adalah Volkswagen Bus, Hippie Van, Bulli/Bully, dan Kombi/Combi.
Volkswagen Type 181 - "Kubelwagen atau Bucket Car"
Saat Perang Dunia II, Volkswagen membuat sebuah mobil khusus untuk kegiatan militer yang diberi nama Type 82. Mobil ini didesain oleh Ferdinand Porsche berdasarkan model Beetle dan bertujuan untuk menyaingi Jeep-nya Amerika. Namun karena bentuknya yang dianggap mirip bak mandi, jadilah ia mendapat panggilan baru, Bucket Car atau Bathub Car. Meski Type 82 dan penerusnya, Type 181 memang dibuat untuk keperluan militer, banyak orang yang tertarik dengan keberadaannya. Mobil ini dipasarkan dengan berbagai nama seperti Kurierwagen (Jerman), Trekker (Inggris), Thing (Amerika Serikat), dan Safari (Mexico, Indonesia).
Austin Healey Sprite - "Frog Eye"
Roadster kecil ini dibuat oleh BMC mulai tahun 1958 dan merupakan salah satu mobil paling unik yang ada di dunia. Dua buah lampu depan yang membuatnya mirip kodok bertanggung jawab atas nama panggilannya. Hingga saat produksinya berakhir di tahun 1971, Frog Eye hanya dibuat sebanyak 130,000 unit.
Ford Model T - "Tin Lizzy"
The Model T bisa jadi salah satu mobil paling terkenal sepanjang sejarah. Ia adalah mobil yang "memotorisasi" Amerika Serikat, dan mobil produksi massal yang amat terjangkau. Antara tahun 1908 dan 1927, lebih dari 15 juta unit atau sekitar 50% mobil di seluruh dunia saat itu adalah Ford Model T.
Mercedes-Benz 300SL W198 - "Gullwing"
Mobil ini sebenarnya tak perlu perkenalan lagi, mengingat ia adalah salah satu sports car paling terkenal sepanjang sejarah. Dibuat sekitar tahun 1954 dan 1963 berdasarkan kesuksesan luar biasa seri 300SL W194 di arena balap, mobil ini adalah salah satu mobil yang paling diinginkan oleh para kolektor otomotif di seluruh dunia. Nama julukan Gullwing didapat tentu saja dari pintunya yang didesain membuka ke atas layaknya sayap burung.
No comments:
Post a Comment