Saturday, April 30, 2016

Mesin Mobil Mendadak Mati Sendiri?

Mesin Mobil Mendadak Mati Sendiri?
(foto: jeffmillsautoservice.com.au)
Sebagai pengendara mobil, perlu Anda ketahui apa-apa saja yang menjadi penyebab utama mesin mendadak mati sendiri. Begitu banyak yang menjadi faktor, seperti berikut:

  • Temperatur tinggi. Terjadi karena komponen pada cooling system tidak bekerja sebagaimana mestinya. Misalkan, air radiator habis karena pecahnya slang radiator dan air radiator terbuang. Atau juga bisa dikarenakan kipas radiator tidak berputar jika menggunakan fan elektrik, dan belt water pump putus.
  • Tidak ada suplai bahan bakar ke mesin. Terjadi jika pelampung bensin macet karena tanki bensin penyok akibat benturan. Bisa juga disebabkan karena pompa bensin rusak, filter bensin kotor, ataupun sensonr MAP (Manifold Absolute Pressure) rusak untuk mobil injeksi.
  • Tidak ada bunga api di busi. Terdapat masalah pada sistem pengapian yang disebabkan mulai dari koil yang kepanasan atau rusak, igniter dan TCI (Transistor Control Ignition) rusak, ECM bermasalah, sekring Ignition putus, dsb. 
Ketiga hal tersebut bisa menjadi komponen yang akan diperiksa lebih awal oleh mekanik, bila Anda menemui kondisi mesin mobil Anda mati mendadak. Semoga info ini bermanfaat, ya!






(sumber: otomotrip.net)

No comments:

Post a Comment